Minggu, 21 Februari 2016

Malaikat Kiraman Katiban

Malaikat Kiraman Katiban


Di dalam sebuah hadits disebutkan bahwa setiap manusia selalu disertai oleh dua malaikat, yaitu satu malaikat yang berada di sebelah kanannya sebagai pencatat segala amal kebaikan tanpa disaksikan yang lain. Dan malaikat yang kedua berada di sebelah kirinya sebagai pencatat segala amal kejahatannya dan tidaklah dicatat segala amal kejelekan tersebut sebelum disaksikan malaikat yang berada di sebelah kanan. Apabila seorang manusia sedang duduk, maka malaikat yang satu berada di sebelah kanannya dan malaikat yang satu lagi berada di sebelah kirinya. Apabila seorang manusia sedang berjalan, maka malaikat yang satu berada di mukanya, dan yang satunya lagi berada di belakangnya. Dan apabila seorang manusia sedang tidur, maka malaikat yang satu berada di atas kepalanya dan yang satunya lagi berada di bawah kakinya.

Disebutkan pula dalam hadits yang lain, bahwa ada lima malaikat yang serupa dengan dua malaikat tersebut. Yaitu dua malaikat yang selalu menyertai manusia di malam hari, dua malaikat yang selalu menyertai di siang hari, dan satu malaikat lagi tidak terpisahkan dari seorang manusia.

Hal ini diterangkan dalam Al Quran surat Ar-Ra’d:11 yang artinya sebagai berikut: “Bagi manusia selalu ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah”.

Maksud dari firman Allah tersebut adalah malaikat yang menyertai manusia, jin serta syetan pada waktu siang dan malam. Sedangkan dua malaikat yang mencatat amal kebaikan dan kejahatan berada di antara dua bahu manusia. Lidah sebagai pena bagi kedua malaikat tersebut, mulut sebagai tempat tintanya, dan air ludah sebagai tintanya. Kedua malaikat tersebut mencatat amal perbuatan setiap manusia sampai waktu ajalnya.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan Nabi Muhammad saw beliau bersabda; “Sesungguhnya pencatat amal perbuatan pada sebelah kanan dipercayai oleh pencatat amal perbuatan sebelah kiri yang mencatat amal kejelekan seorang hamba. Dan ketika seorang hamba melakukan kejelekan di saat malaikat sebelah kiri akan mencatat kejelekannya, maka malaikat yang sebelah kanan berkata, “Tahanlah dulu sebentar”. Lalu malaikat yang sebelah kiri menahan hingga 7 jam. Apabila hamba tersebut memohon ampun kepada Allah SWT, maka malaikat yang sebelah kiri tidak akan mencatat kejelekannya. Dan apabila hamba tersebut tidak memohon ampun kepada Allah SWT selama 7 jam itu, maka malaikat yang sebelah kiri akan mencatat amal kejelekannya”.

Jika telah dicabut ruh dari jasad seorang hamba, kemudian jasad tersebut diletakkan di dalam kubur, maka malaikat kiraman katibin berkata: “Ya Tuhan kami, telah Engkau serahkan hamba-Mu kepada kami, telah kami tulis segala amal perbuatannya dan Engkau cabut ruhnya, maka izinkanlah kami naik ke langit.” Lalu Allah berfirman, “Langit ini telah dipenuhi oleh para malaikat yang sama-sama mebaca tasbit, maka kembalilah kalian berdua dan bacalah tasbih untukku di atas kubur hamba-Ku, bacalah takbir dan tahlil serta tulislah semua itu untuk nya…”


Disadur dari Misteri Malam Pertama di Alam Kubur karya Abu Khalid MA.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More